2015/09/16

Lowongan kerja pt.pelindo 2015

Pelabuhan Indonesia I (Persero)disingkat PT Pelindo I adalahBadan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa kepelabuhan. PT Pelindo I berkantor pusat di Jalan Krakatau Ujung No. 100 Medan 20241, Sumatera Utara, Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 1991 Perumpel I berubah status menjadi Pelabuhan Indonesia I berkedudukan dan berkantor pusat di Medan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 64 thn 2001 kedudukan, tugas dan kewenangan Menteri Keuangan selaku pemegang saham pada Persero / Perseroan Terbatas dialihkan kepada Menteri BUMN. Pembinaan Teknis operasional berada ditangan Departemen Perhubungan dan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 

Lowongan Kerja BUMN PT Pelindo I - Pada masa penjajahan Belanda perseroan ini diberi nama Haven Badrift. Selanjutnya setelah kemerdekaan Rl tahun 1945 s.d. 1950 perseroan berstatus sebagai Jawatan Pelabuhan. Pada tahun 1960 s.d. 1969 jawatan Pelabuhan berubah menjadi Badan Usaha Milik Negara dengan status Perusahaan Negara Pelabuhan disingkat dengan nama PN Pelabuhan. Pada periode 1969 s.d. 1983 PN Pelabuhan berubah menjadi Lembaga Penguasa Pelabuhan dengan nama Badan Pengusahaan Pelabuhan disingkat BPP. Pada tahun 1983 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 1983 Badan Pengusahaan Pelabuhan dirubah menjadi Perusahaan Umum Pelabuhan I disingkat Perumpel I.

Sejarah PELINDO I 

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) lahir melalui berbagai perubahan bentuk usaha dan status hukum pengusahaan jasa kepelabuhanan. Pada tahun 1945-1951 perusahaan berada di dalam wewenang Departemen Van Scheepvaart (suatu badan peninggalan pemerintah Belanda) yang berfungsi untuk memberikan layanan jasa kepelabuhanan yang dilaksanakan oleh Haven Bedrijf. Pada tahun 1952 sampai dengan tahun 1959, pengelolaan pelabuhan dilaksanakan oleh Jawatan Pelabuhan.

Sejak tahun 1960 pengelolaan pelabuhan umum di Indonesia dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara di bawah pengendalian pemerintah. Bentuk Badan Usaha Milik Negara yaitu Perusahaan Negara Pelabuhan yang diberi kewenangan untuk mengelola pelabuhan umum sejak tahun 1960 sampai dengan tahun 1993 telah mengalami beberapa perubahan, disesuaikan dengan arah kebijaksanaan pemerintah dalam rangka menunjang pembangunan nasional dan mengimbangi pertumbuhan permintaan layanan jasa kepelabuhanan yang dinamis.

Sejarah perusahaan sejak tahun 1960 sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :
Tahun 1960-1963 : Pengelolaan pelabuhan umum dilakukan oleh Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan I-VIII berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1960.Tahun 1964-1969  : Aspek komersil dari pengelolaan pelabuhan tetap dilakukan oleh PN Pelabuhan, tetapi kegiatan operasional pelabuhan dikoordinasikan oleh lembaga pemerintah yang disebut Port Authority.Tahun 1969-1983  : Pengelolaan sebagian besar pelabuhan umum dilakukan oleh Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1969. PN Pelabuhan dibubarkan dan lembaga pemerintah Port Authority menjadi BPP.Tahun 1983-1992  : Pengelolaan pelabuhan umum dibedakan antara pelabuhan umum yand diusahakan dan pelabuhan umum yang tidak diusahakan. Pengelolaan pelabuhan umum yang diusahakan dilakukan oleh Perusahaan Umum (Perum) Pelabuhan, sedangkan pengelolaan pelabuhan umum yang tidak diusahakan dilakukan oleh unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1983. Perum Pelabuhan I merupakan salah satu dari empat Perum Pelabuhan di Indonesia yang mengelolapelabuhan-pelabuhan yang diusahakan dan dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1983.Tahun 1992 hingga sekarang  : Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 tanggal 19 Oktober 1991 tentang pengalihan status Perusahaan Pelabuhan menjadi Perusahaan Perseroan (Persero), maka bentuk Perusahaan Umum Pelabuhan diubah menjadi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I, sesuai akte pendirian/Anggaran Dasar yang dibuat Notaris Robert Purba, SH tanggal 02 Januari 1999 sebagaimana dimuat dalam Berita Negara TI tanggal 01 November 1994 No. 87 jo Tambahan Berita Negara RI tanggal 02 Januari 1999 No. 01.
VISI MISI PELINDO I :

Visi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) :

 “Menjadi Nomor Satu di Bisnis Kepelabuhanan di Indonesia”

Misi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) :

“Menyediakan Jasa Kepelabuhanan yang Terintegrasi, Berkualitas dan Bernilai Tambah untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi Wilayah”

Values Perusahaan :
Customer Focus : Proaktif dalam melayani dan membangun hubungan dengan pelanggan, melalui perilaku kunci : Proaktif dan Cepat TanggapIntegrity : Mengutamakan perilaku terpuji sesuai dengan nilai, prinsip dan etika Perusahaan, melalui perilaku kunci : Jujur & Taat, serta Berani & BertanggungjawabProfessionalism : Penguasaan terhadap pekerjaan yang mencakup pengetahuan keterampilan dan sikap melalui perilaku kunci : Kompeten & Disiplin, serta BerkualitasTeamwork : Keinginan yang tulus untuk bekerja sama dengan orang lain, melalui perilaku kunci : Berkolaborasi & Bersinergi, serta Tulus & Saling Menghargai.

Wilayah operasi Pelabuhan Indonesia I meliputi wilayah sumatera bagian utara dan timur meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau :
Pelabuhan Belawan, MedanPelabuhan Dumai, DumaiPelabuhan Batam, Batam
Sumber : pelindo1.co.id

Untuk mencapai visi perusahaan yaitu menjadi kelompok bisnis terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder-nya, BUMN PT Pelindo I sedang mencari pemuda - pemudi terbaik yang sangat kompeten dan termotivasi diri untuk mengisi posisi lowongan kerja terbaru 2015.

Dalam rangka memperluas jaringan bisnis terbaru bulan September 2015 dan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia BUMN PT Pelindo I di Lowongan Terbaru posisi: BANYAK POSISI LOWONGAN

Pada hari ini bulan September 2015 BUMN PT Pelindo I kembali membuka kesempatan berkarir atau membuka Lowongan Kerja Terbaru bulan September 2015 untuk lulusan terbaru dengan kualifikasi sebagai berikut :

 Posisi Loker BUMN PT Pelindo I :

  • TENAGA PANDU

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), BUMN yang beroperasi di Provinsi Aceh, Sumatera Utama, Riau, dan Kepulauan Riau, membutuhkan PANDU dengan rincian sebagai berikut :

A. Kualifikasi
  • Berusia minimal 30 tahun dan maksimal 45 tahun per 1 Oktober 2015
  • Pendidikan minimal ANT-III (diutamakan ANT-I dan ANT-II)
  • Berpengalaman sebagai Nakhoda dengan masa layar minimal 3 (tiga) tahun
  • Tinggi badan minimal 160 cm
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/soft lens
  • Mampu berbahasa Inggris (Aktif)
  • Bersedia menjalani ikatan dinas selama 10 tahun
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Pelindo I


B. Persyaratan
  • Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae)
  • Fotocopy Ijazah ANT III/ANT II/ ANT I yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
  • Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga
  • Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir
  • Fotocopy Buku Pelaut
  • Fotocopy Surat Keterangan Masa Berlayar
  • Fotocopy Sertifikat pelatihan kepelautan (jika ada)
  • Asli Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari rumah sakit
  • Empat lembar Pas Photo berwarna ukuran 4 cm x 6 cm dan ukuran 3 cm x 4 cm


Catatan :
  • Loker BUMN PT Pelindo I ditutup pada tanggal : 17 September 2015 (cap pos) 

 Bagaimana Anda tertarik untuk bekerja di Loker BUMN PT Pelindo I ?

Jika anda tertarik dengan loker terbaru hari ini bulan September 2015 ini yaitu yang memberikan informasi kepada anda tentang :Lowongan Kerja Terbaru BUMN PT Pelindo I, Silahkan melakukan pendaftaran atauREGISTRASI LOKER via POS ke alamat dibawah ini :

TIM REKRUTMEN PANDU 2015
PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO)
Jl. Krakatau Ujung No. 100 Medan 20241

Tel. 061-6610220 Ext. 409 atau 410, HP. 082160206542 / 085284389476


atau juga bisa via Email ke :timrekrutmenpandu@pelindo1.co.i

No comments :

Post a Comment